Kamis, 13 September 2018

Arti Dan Sejarah Sangga Pramuka Penegak

Arti dan sejarah sangga Pramuka Penegak

Hasil gambar untuk sejarah pramuka penegak

 
  1.   Sangga Arti kata sangga adalah “gubug” atau rumah kecil tempat penggarap sawah. Nama sangga disusun sesuai dengan kiasan dasar yakni: Sangga Perintis, Sangga Penegas, Sangga Pencoba, Sangga Pendobrak, Sangga Pelaksana. Perintis mengandung pengertian perintisan (menjadi pembuka/pelopor) dalam kebajikan. Penegas mengandung pengertian kemampuan mengambil keputusan yang arif dan bijaksana. Pencoba mengandung pengertian keberanian mencoba segala sesuatu yang positif. Pendobrak mengandung pengertian keberanian mengemukakan kebenaran dan melawan kemungkaran. Pelaksana mengandung pengertian keberanian melaksanakan sesuatu tugas dengan penuh tanggung jawab.
  2.   Sangga Perintis Perintis mengandung kiasan keperintisan, orang yang memulai mengerjakan sesuatu, pelopor, atau menjadi pembuka. Gambar Sangga Perintis adalah sebagai berikut: Hiasan Warna : Merah, Putih, Kuning, dan Hitam. Hiasan Gambar : Keris yang dilingkari oleh rantai. Tugasnya yaitu Mengeluarkan ide-ide.
  3.   Sangga Pencoba Pencoba mengandung kiasan keberanian dalam mencoba segala sesuatu yang positif. Gambar Sangga Pencoba adalah sebagai berikut : Hiasan Warna : Merah, Hitam, Putih. Hiasan Gambar : Kaos, Jangka, Kamera, dan Penggaris. Tugasnya yaitu Merealisasikan atau mencoba ide-ide dari Sangga Perintis.
  4.   Sangga Pendobrak Pendobrak mengandung kiasan keberanian dalam mengemukakan kebenaran dan melawan kemungkaran. Gambar Sangga Pendobrak adalah sebagai berikut : Hiasan Warna : Merah, Kuning, Hitam. Hiasan Gambar :Rumput Yang didikat Lalu didobrak/ditusuk oleh Tombak Tugasnya yaitu Memecahkan Masalah Yang Muncul.
  5.   Sangga Penegas Penegas mengandung kiasan kemampuan mengambil keputusan yang arif dan bijaksana. Gambar Sangga Penegas adalah sebagai berikut : Hiasan Warna : Hitam, Kuning dan Putih. Hiasan Gambar : Palu Atau Martil. Tugasnya Yaitu Menegaskan ide-ide dari Sangga Perintis.
  6.   Sangga Pelaksana Pelaksana mengandung kiasan keberanian melaksanakan sesuatu tugas dengan penuh tanggung jawab. Gambar Sangga Penegas adalah sebagai berikut : Hiasan Warna : Hijau, Putih, Hitam dan Kuning. Hiasan Gambar : Palu atau Martil, Rencong yang diikat dengan Wadahnya. Tugasnya yaitu Melaksanakan ide-ide yang telah disepakati oleh seluruh Sangga.
  7.   ARTI DAN SEJARAH SANGGA SEJARAH
  8.   Sangga Perintis Nama sangga Perintis di ambil dari peristiwa sebelum tahun 1908, yaitu saat dimana bangsa Indonesia masih dalam penjajahan, dan bangsa Indonesia mulai merintis dan menyatukan kekuatan untuk berjuang demi melawan para penjajah.
  9.   Sangga Pencoba Nama sangga Pencoba diambil dari peristiwa pada tahun 1908, tepatnya pada tanggal 20 Mei. Pada tanggal ini telah terjadi peristiwa Kebangkitan Nasional. Kebangkitan Nasional adalah masa bangkitnya semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang sebelumya tidak pernah muncul selama penjajahan 350 tahun. Masa ini ditandai dengan peristiwa penting, yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908).
  10. Sangga Pendobrak Nama Pendobrak diambil untuk mengingat kita akan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang baik dengan kekuatan fisik maupun yang telah memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Karena berkat perjuangan para pahlawan inilah kita bisa menikmati kemerdekaan hingga saat ini.
  11. Sangga Penegas Sangga Penegas diambil dari peristiwa yang terjadi pada tahun 1928, yakni pada peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober saat Kongres Pemuda II. Pada saat inilah bangsa Indonesia mulai menyatukan para pemuda di seluruh Indonesia untuk berjuang dan berdiri dari ketertindasan.
  12. Sangga Pelaksana Sangga pelaksana mengingatkan kita pada peristiwa setelah tahun 1945 hingga sekarang. Saat Indonesia masuk pada masa pembangunan, sangga ini juga mengingatkan kita untuk mengisi kemerdekaan, agar perjuangan para pahlawan tidak sia-sia.

0 komentar:

Posting Komentar